Pages

Kamis, 19 Juli 2012

SOAL LATIHAN SENI BUDAYA KLS 5 SD



Mengenal Budaya Rupa Nusantara Bagian I

Tujuan:  Anak dapat mengenal berbagai budaya rupa nusantara

Petunjuk:  Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan memilih salah satu jawaban yang benar ! 

1.  Yang merupakan alat musik daerah yang dipetik adalah ......
a. rebab
b. tehyan
c. kecapi
d. rebana

2.  Alat musik daerah yang dipukul dengan alat adalah ......
a. rebana
b. gong
c. seruling
d. tifa

3.  Lagu yamko rambe yamko berasal dari daerah ......
a. Maluku
b. Kalimantan Barat
c. Riau
d. Irian Jaya

4.  Yang merupakan lagu daerah yang berasal dari Sulawesi Utara adalah ......
a. si patokaan
b. angin mamiri
c. yamko rambe yamko
d. Apuse

5.  Hiasan dinding pada rumah adat toraja didominasi dengan bentuk-bentuk ......
a. titik-titik
b. bercak-bercak
c. garis-garis
d. manik-manik

6.  Yang termasuk kesenian dari betawi adalah ......
a. karapan sapi
b. ngaben
c. wayang kulit
d. ondel-ondel

7.  Senjata tradisional Mandau berasal dari daerah ......
a. Jambi
b. kalimantan tengah
c. Bali
d. Jawa Timur

8.  Alat musik tradisional dari papua yaitu ......
a. tifa
b. gendang
c. suling
d. gambang gamelan

9.  Yang merupakan tiruan wajah atau tokoh dengan karakter tertentu disebut ......
a. patung
b. penutup wajah
c. masker
d. topeng

10.  Yang termasuk alat musik daerah yang di tiup adalah .......
a. gendang
b. rebana
c. serunai
d. kolintang

SOAL LATIHAN IPA KLS 6 SD

Pengaruh dan Pemanfaatan Gerakan Bumi dan Bulan

Tujuan:  anak dapat mengetahui pengaruh dari hubungan antara matahari, bumi dan bulan.

Petunjuk:  Jawablah pertanyaan dengan memilih jawaban yang benar !

1.  Rotasi bumi mengakibatkan terjadinya . . .
  a. siang
  b. malam
  c. perbedaan waktu
  d. benar semua

2.  Apakah akibat dari revolusi bumi ?
  a. terjadinya siang dan malam
  b. perubahan musim di bumi
  c. terjadinya banjir
  d. perbedaan tempat

3.  Revolusi bumi mengakibatkan terjadinya perubahan musim di belahan bumi . . .
  a. utara dan timur
  b. timur dan barat
  c. utara dan selatan
  d. barat dan selatan

4.  Perhitungan tahun hijriah (komariyah) didasarkan pada kala . . .
  a. revolusi bulan
  b. revolusi bumi
  c. revolusi matahari
  d. revolusi bintang

5.  Tahun masehi dihitung berdasarkan . . .
  a. revolusi bulan
  b. revolusi bumi
  c. revolusi matahari
  d. revolusi bintang

6.  satu tahun komariyah sama dengan . . . . hari
  a. 354
  b. 336
  c. 435
  d. 363

7.  Jika pada tanggal 21 Desember – 21 Maret di belahan utara terjadi musim dingin, maka di belahan selatan musim . . .
  a. gugur
  b. panas
  c. semi
  d. dingin

8.  Pada waktu kapankah belahan bumi utara terjadi musim semi ?
  a. 23 september – 21 desember
  b. 21 desember – 21 maret
  c. 21 Maret – 21 juni
  d. 21 juni – 23 september

9.  Penetapan tahun Masehi mula-mula dilakukan oleh . . .
  a. Alexander Graham Bell
  b. Sultan Agung
  c. Julius Cesar
  d. Cleopatra

10.  Satua tahun kabisat, mempunyai . . . hari
  a. 354
  b. 453
  c. 366
  d. 339

SOAL LATIHAN M-M KLS 4 SD

Menghitung Satuan Ukuran Kuantitas

Tujuan:  anak dapat mengetahui dan mengerjakan hubungan antar satuan kuantitas.

Petunjuk:  Hitunglah penjumlahan dan pengurangan di bawah ini !
Contoh pengerjaan soal :                        1 lusin + 3 lusin = .......buah
                        1 lusin + 3 lusin = 12 buah  +  36 buah  =  48 buah
Penjelasan :
                        1 lusin = 12 buah                 1 gros = 144 buah                          1 rim = 500 lembar
                        1 gros = 12 lusin                 1 kodi  = 20 lembar (helai)


1.  2 lusin + 2 lusin = ...... buah
 

2.  4 kodi – 1 kodi = ...... lembar
 

3.  3 gros – 1 gros = ...... buah
 

4.  4 rim + 2 rim = ...... lembar
 

5.  8 lusin – 3 lusin = ...... buah
 

6.  6 kodi + 4 kodi = ...... helai
 

7.  4 gros + 4 gros = ...... buah
 

8.  9 lusin – 4 lusin = ...... buah
 

9.  7 kodi + 9 kodi = ...... helai
 

10.  8 rim – 3 rim = ...... lembar
 

SOAL LATIHAN PKN KELAS 3 SD

Tujuan:  anak memahami macam-macam uang, kegunaannya serta mengerti bagaimana mempergunakannya dalam kehidupan sehari-hari.

Petunjuk:  pilihlah jawaban dengan tepat!


            setiap hari kita membutuhkan barang seperti makanan, minuman, pakaian dan barang-barang lainnya. selain itu kita juga membutuhkan pelayanan jasa seperti guru, yang memberikan ilmu. untuk memperoleh barang dan pelayanan tersebut, ada yang dapat kita penuhi sendiri dan ada juga memperolehnya harus dengan membayar.
            pada jaman dahulu, sebelum kita mengenal uang dan belum mempunyai alat pembayaran yang sah, jika menginginkan suatu barang, kita harus menukarkannya dengan barang lain. cara ini disebut dengan barter. contohnya sebagai berikut : ibu ani mempunyai beberapa ayam, sedangkan bapak wawan mempunyai beberapa karung beras. ibu ani tidak mempunyai nasi untuk dimakan, kemudian ibu ani menukarkan beberapa ayamnya untuk ditukarkan dengan sekarung beras kepada bapak wawan.  maka ibu ani dan bapak wawan telah melakukan barter.
           sekarang ini kita sudah mempunyai alat pembayaran yang sah yaitu uang. jika menginginkan suatu barang atau pelayanan, kita cukup membayarnya dengan uang. tukar menukar barang dengan uang disebut dengan jual beli. setiap negara memiliki mata uang masing-masing. contohnya amerika serikat yang memakai mata uang dollar, jepang dengan mata uangnya yang disebut yen, malaysia dengan mata uangnya yang disebut ringgit, dan masih banyak yang lainnya.  sedangkan di Indonesia sendiri, kita menggunakan mata uang rupiah, yang dikeluarkan oleh bank indonesia.
           uang yang beredarpun ada bermacam-macam diantaranya yaitu uang kartal dan uang giral. awalnya uang terbuat dari kulit binatang, lalu tembaga, perak, emas dan akhirnya uang terbuat dari kertas. uang kartal yang beredar di masyarakat ada dua macam yaitu uang kertas dan uang logam. uang kartal merupakan uang yang kita gunakan sehari-hari. sedangkan uang giral, contohnya berupa giro, digunakan untuk melakukan pembayaran dalam jumlah yang cukup besar. pembayaran dengan uang giral dilakukan oleh bank.
          uang digunakan sebagai alat pembayaran yang sah. kita juga dapat menabungnya. uang sangat penting bagi kehidupan masyarakat jadi kita harus menggunakan uang dengan sebaik-baiknya.

1.  sebelum kita mengenal uang, dengan cara apakah untuk mendapatkan suatu barang?
  a. mencuri
  b. meminjam
  c. mengemis
  d. barter

2.  apakah yang dimaksud dengan barter?
  a. menukar suatu barang dengan barang lain
  b. menukar barang dengan uang
  c. menukar barang dengan paksa
  d. meminta barang

3.  apakah yang ibu ani barter kepada bapak wawan untuk mendapatkan beras?
  a. uang
  b. kayu
  c. ayam
  d. emas

4.  apakah alat pembayaran yang sah di masyarakat?
  a. uang
  b. daun
  c. kulit binatang
  d. makanan

5.  disebut apakah tukar menukar barang dengan uang?
  a. barter
  b. jual beli
  c. membeli
  d. menjual

6.  apakah mata uang dari negara jepang?
  a. peso
  b. dolar
  c. yen
  d. rupiah

7.  dari manakah rupiah dikeluarkan?
  a. bank indonesia
  b. dari guru
  c. dari orangtua
  d. dari sekolah

8.  sebelum ada uang kertas, terbuat dari apakah uang itu?
  a. kaca
  b. batu
  c. plastik
  d. emas

9.  apakah yang termasuk dengan uang kartal?
  a. cek
  b. uang kertas
  c. giro
  d. kwitansi

10.  untuk melakukan pembayaran dengan jumlah uang yang cukup besar, kita menggunakan uang . . . .
  a. kertas
  b. logam
  c. giral
  d. kartal

SOAL LATIHAN KLS 2 SD

Tujuan:  anak dapat memasangkan kata-kata yang mempunyai arti sama

Petunjuk:  carilah pasanganan arti kata pada kalimat-kalimat berikut, dengan cara memilih salah satu jawaban yang benar !

1.  putri suka makan permen. pada kalimat tersebut, kata suka berarti ......
  a. tidak suka
  b. benci
  c. senang
  d. mau

2.  aku adalah siswa kelas 2 SD. pada kalimat tersebut, kata siswa berarti ......
  a. penjaga sekolah
  b. teman
  c. guru
  d. murid

3.  wawan adalah putra pak halim. pada kalimat tersebut, kata putra berarti ......
  a. anak perempuan
  b. anak laki-laki
  c. anak tetangga
  d. saudara

4.  ayam goreng lezat sekali. pada kalimat tersebut, kata lezat berarti ......
  a. enak
  b. pahit
  c. kurang enak
  d. manis

5.  bola berbentuk bundar. pada kalimat tersebut, kata bundar berarti ......
  a. bulat
  b. lonjong
  c. segitiga
  d. kotak

6.  jangan suka memetik kembang. pada kalimat tersebut, kata kembang berarti ......
  a. daun
  b. pohon
  c. buah
  d. bunga

7.  ria anak yang pandai. pada kalimat tersebut, kata pandai berarti ......
  a. baik hati
  b. jujur
  c. bodoh
  d. pintar

8.  umur saya delapan tahun. pada kalimat tersebut, kata umur berarti ......
  a. ulang tahun
  b. usia
  c. bulan
  d. waktu

9.  lala suka minum air dingin. pada kalimat tersebut, kata dingin berarti ......
  a. sejuk
  b. panas
  c. hangat
  d. putih

10.  cici tidak suka berdusta. pada kalimat tersebut, kata berdusta berarti ......
  a. berbakti
  b. jujur
  c. berbohong
  d. pelit

CONTOH SOAL LATIHAN KLS 1 SD

Tujuan:  anak mengerti penulisan kalimat dengan menggunakan tanda koma yang tepat.

Petunjuk:  pilihlah kalimat-kalimat berikut yang menggunakan tanda koma yang tepat!

1.  kalimat berikut manakah yang penggunaan tanda komanya benar?
  a. santi danu wina dan ratna, pergi ke sekolah bersama-sama.
  b. santi, danu, wina dan ratna pergi ke sekolah bersama-sama.
  c. santi, danu wina dan ratna pergi ke sekolah, bersama-sama.
  d. santi danu wina dan ratna pergi ke sekolah, bersama-sama.

2.  kalimat berikut manakah yang penggunaan tanda komanya benar?
  a. ibu membeli daging sayur buah dan beras, di pasar.
  b. ibu, membeli daging sayur buah dan beras di pasar.
  c. ibu membeli daging sayur buah dan beras di pasar.
  d. ibu membeli daging, sayur, buah dan beras di pasar.

3.  kalimat berikut manakah yang penggunaan tanda komanya benar?
  a. di kebun, pak somat ada pohon rambutan salak apel dan durian.
  b. di kebun pak somat ada pohon rambutan, salak, apel dan durian.
  c. di kebun pak somat, ada pohon rambutan salak apel dan durian.
  d. di kebun pak somat, ada pohon rambutan, salak, apel dan durian.

4.  kalimat berikut manakah yang penggunaan tanda komanya benar?
  a. hari ini ada pelajaran bahasa indonesia, matematika dan bahasa inggris.
  b. hari ini, ada pelajaran bahasa indonesia, matematika dan bahasa inggris.
  c. hari ini, ada pelajaran bahasa indonesia, matematika, dan bahasa inggris.
  d. hari ini, ada pelajaran, bahasa indonesia, matematika dan bahasa inggris.

5.  kalimat berikut manakah yang penggunaan tanda komanya benar?
  a. angga, dodi, dan dewi, adalah teman-teman tono.
  b. angga dodi dan dewi, adalah teman-teman tono.
  c. angga, dodi dan dewi adalah teman-teman tono.
  d. angga, dodi, dan dewi adalah teman-teman tono.

6.  kalimat berikut manakah yang penggunaan tanda komanya benar ?
  a. sudah seminggu, ani sakit, tetapi belum juga sembuh.
  b. sudah seminggu ani sakit, tetapi belum juga sembuh.
  c. sudah seminggu, ani sakit tetapi belum juga sembuh.
  d. sudah seminggu, ani sakit tetapi, belum juga sembuh.

7.  kalimat berikut manakah yang penggunaan tanda komanya benar?
  a. sinta bukannya bodoh, tetapi, kurang tekun belajarnya.
  b. sinta, bukannya bodoh tetapi, kurang tekun belajarnya.
  c. sinta, bukannya bodoh, tetapi kurang tekun belajarnya.
  d. sinta bukannya bodoh, tetapi kurang tekun belajarnya.

8.  kalimat berikut manakah yang penggunaan tanda komanya benar?
  a. orang itu bukan pamanku melainkan, paman temanku.
  b. orang itu, bukan pamanku melainkan, paman temanku.
  c. orang itu, bukan pamanku, melainkan paman temanku.
  d. orang itu bukan pamanku, melainkan paman temanku.

9.  kalimat berikut manakah yang penggunaan tanda komanya benar?
  a. pamanku bukan seorang pilot, melainkan seorang polisi.
  b. pamanku, bukan seorang pilot, melainkan seorang polisi.
  c. pamanku, bukan seorang pilot melainkan, seorang polisi.
  d. pamanku bukan seorang pilot, melainkan, seorang polisi.

10.  kalimat berikut manakah yang penggunaan tanda komanya benar?
  a. jadi jawaban ini, adalah benar.
  b. jadi, jawaban ini, adalah benar.
  c. jadi, jawaban ini adalah benar.
  d. jadi jawaban ini adalah benar.

SD HINALANG

Selamat datang di SD HINALANG Balige